Jumat, 13 April 2012

IPA dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja. 
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. 
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.
Dalam kehidupan dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang. Misalnya sejak dalam kandungan manusia mendapat perawatan secara medis melalui pemeriksaan berkala ke BKIA atau puskesmas. Setelah lahir, mendapat vaksinasi untuk memperoleh kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, jika sakit mendapat pemeriksaan dokter dan memperoleh obat dan sebagainya.
Ilmu alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangakan ilmu terapan. Sebaliknya, teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dst.
Memang pada mulanya antara ilmu alamiah dan teknologi tidak itu tidak selalu mempunyai kaitan, misalnya dulu manusia membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya dan belum mengenal teknologi membuat perahu. Namun, dalam zaman modern ini, untuk dapat membuat kapal, orang harus menguasai ilmu murni, hukum Archimedes, konstruksi baja dan sebagainya agar kapal tidak tenggelam dan dapat mengarungi lautan.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu.
B.       Rumusan Permasalahan
1.    Apa yang dimaksud IPA dan Teknolgi?
2.    Bagaimana perkembangan IPA dan Teknologi?
3.    Apa dampak dari perkembangan IPA dan Teknologi?

C.       Tujuan
1.    Untuk mengetahui perkembangan IPA dan Teknologi
2.    Untuk mengetahui dampak ari perkembangan IPA dan Teknologi







BAB II
PEMBAHASAN
A.      IPA Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
1.    Materi
Manusia dalam hidup ini memerlukan energi, baik yang biotis maupun nonbiotis. Materi biotis dari bahan berupa benda hidup berupa protein, sedangkan materi nonbiotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Benda-benda itu merupakan hasil olahan melalui teknolohgi, misalnya materi zat besi dapat menjadi kendaraan tau benda lainnya.
Materi adalah apa saja yang mempunyai massa dan massa menempati suatu ruang baik yang berbentuk padat, cair, dan gas. Cahaya dan panas tidak termasuk materi karena tidak mempunyai berat, tetapi keduanya masuk dalam energy.
Suatu materi dapat dipecah menjadi bagian yang sangat kecil yang disebut molekul. Molekul masih memiliki sifat-sifat materi. Molekul dapat dipecah lagi menjadi bagian lebih kecil yang disebut atom. Atom disebut pula unsure dasar yang menyusun suatu materi. Atom sangat kecil, sehingga suka untuk dilihat walupun dengan miskroskop yang kuat. Sebutir debu yang halus masih dianggap sangat besar bila dibandingkan dengan atom.
Semua materi mempunyai sifat sendiri-sendiri. Apabila terjadi suatu perubahan karena sesuatu, sifat akan berubah dan sifat itu menjadi cirri bagi materi tersebut. Perubahan suatu materi dibedakan atas dua kelompok:
a.         Perubahan materi secara fisika adalah perubahan materi yang tidak disertai terjadinya materi jenis baru.
b.        Perubahan materi secara kimia adlah perubahan yang menghasilkan satu atau beberapa materi yang jenisnya lain.
2.    Energi
Energi atau tenaga ialah kemampuan untuk melakukan kerja Energi dapat diubah menjadi energy yang setara, tetapi energy tidak dapat dimusnahkan dan juga tidak dapat diubah. Hal ini disebut hukum kekekalan energy. Albert Einstein mengemukakan pendapatnya tentang hokum kekekalan materi dan energy, bahwa pada waktunya orang dapat mengubah unsure menjadi energy dan sebaliknya energy menjadi unsure kembali. Para ahli menegaskan pendapat Einstens dengan mengemukakan bahwa unsure dan energy adalah dua macam bentuk yang berlainan, maka tetap berlaku hokum kekekalan. Bahwa energy dapat diubah dari yang satu ke yang lain, tetapi jumlah akhir tetap sama.
Sumber daya energy yang tersedia di bumi adalah biomassa, angin, air, batubara, minyak bumi, gas bumi, panas bumi, nuklir, radiasi surya, pasang surut, sel bahan bakar, panas laut, ombak laut, dan arus pancar. Energy tersebut bersumber dari matahari, tanpa pengaruhnya tidak mungkin dapat timbul. Selanjutnya semua bentuk energy primer ini dapat diubah menjadi tenaga listrik.
Untuk dapat melakukan kerja diperlukan energy. Berbagai jenis energy dasar dapat dibedakan menjadi:
a.         Energi Sinar Matahari
b.        Energi Mekanik
c.         Energi Panas
d.        Energi Magnetik
e.         Energi Listrik
f.         Energi Kimia
g.        Energi Bunyi
h.        Energi Nuklir
i.          Energi Cahaya
B.       Hubungan IPA dan Teknologi
Perkembangan IPA didahului oleh penelitian dasar yang mengunggkapkan fenomena alam secara matematik menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia secara global. Visi penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dasarnya sama, yaitu mensejahterakan manusia. Perbedaan pokok antara riset dasar dan riset terapan, yaitu:
Riset Dasar
Riset Terapan
a.       Rasa ingin tahu (curiosity driven)
a.       Mempunyai orientasi tertentu (mission oriented)
b.      Bersifat mendasar (Foundamental)
b.      Bertujuan khusus memecahkan masalah (problem solving)
c.       Hasilnya dapat berdampak dalam waktu jangka panjang.
c.       Hasilnya dampak khusus, bermanfaat untuk kepentingan jangka pendek.
Untuk interaksi antara riser dasar dan riset terapan:
a)        Saling mengimbas, saling mengisi (cross fertilization).
b)        Riset terapan yang berkualitas memerlukan dukungan riset dasar.
c)        Riset dasar tanpa rangsangan riset rangsangan kurang subur.
Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat erat berhubungan erat, bias dikatakan teknologi adalah terapan dari ilmu pengetahuan. Hubungan IPA dan Teknologi bisa dikatakan langsung dan bisa juga tidak langsung. Hubungan langsung misalnya:
1.        Dengan pekembangannya pengetahuan mengenai inti atom dihasilkan sumber energi baru yang kemudian dilanjutkan penggunaanya sebagi sumber energi listrik yang dikenal sebagai pusat listrik tenaga nuklir.
2.        Dengan ditemukannya sifat gelombang electron, dan penemuan ini dikembangakan dalam pembuatan miskroskop electron yang mempunyai daya perbesaran 20.000-30.000 kali sehingga virus daan unsure kimia dapat dilihat dengan jelas.
3.        Berkembanganya biologi dan ilmu kimia dapat memanfaatkan organisme dalam industri seperti industri minuman yogurt, tempe, sumber energi dari limbah (biogas).
4.        Beberapa lukisan Picasso dan Rembrant ternyata menggunakan ilmu ukur ruang level tinggi sehingga dapat dinikmati para penggemar seni sebagai karya seni lukisan yang sangat menakjubkan.
       Hubungan tidak langsung, misalnya teknologi arsitektur piramid di Mesir, teknologi arsitektur Candi Borobudur d Indonesia, Tembok Cina di Cina, dan menara Pisa di Italia.
Keputusan dan Pembuatan Desain
       IPA mempunyai peranan penting dalam perkembagan teknologi, dalam berbagai masalah teknologi terdapat unsur yang tidak dijumpai dalam IPA, yaitu masalah pengambilan keputusan atau pembuatan suatu desain. Persyaratan mengambil keputusan mengandung unsur-unsur sebagai berikut.
a.         Model : penggamaran permasalahan diambil secra kuantitatif. Ada signal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan model, yaitu:
1.    Realisme yaitu model tersebut bila dinyatakan dengan kalimat, harus sesuai dengan konsepyang mewakilinya.
2.    General, yaitu dapat digunakan dalam situasi berbeda
3.    Kemampuan, yaitu mampu meramalkan kemampuan yang akan terjadi.
b.        Kriteria: kriteri keputusan mempunyai persyaratan yang menggambarkan tujuan dalam mengambil keputusan.
c.         Kendala: faktor-faktor yabg harus diperhitungkan dalam mengambil keputusan.
d.        Optimasi: mencari kesimpulan yang terbaik

C.       Teknologi Tepat Guna
       Teknologi tepat guna adalah cara untuk memecahkan masalah pokok yang mendesak dan menciptakan lapangan kerja dengan keterampilan serta penggunaan bahan dari lingkungan sekitarnya. Ciri-ciri teknologi tepat guna adalah efisiensi dan erfektivitasnya tinggi. Efisiensi tinggi berarti harus selalu dikaitkan dengan kemampuan teknologi, efektivitas tinggi berarti harus terjangkau oleh masyarakat pedesaan yang belum terjangkau oleh teknologi maju.
Pertimbangan yang perlu diambil dalam teknologi tepat guna, yaitu;
a.    Bentuk teknologi yang digunakan dan diputuskan oleh masyarakat pemakainya sendiri.
b.    Pertimbangan agama (kasus ajinomoto, sabun dengan lemak babi) kebiasaan, adat, social budaya setempat.
c.    Kelengkapan, perawatan dan penyediaan suku cadang mesin yang digunakan terjamin.
d.   Keselamatan kerja.
e.    Keadaan lingkungan masyarakat.
Untuk penerapan teknologi tepat guna di pedesaan, dapat dikemukakan beberapa contoh Penggunaan Teknologi Pengering Kakao, Pembuatan Teknologi Pembakaran Ikan Bakar, Pembuatan Kompor Briket Baru Bara untuk pengrajin gula merah.
D.      Perkembangan Sains dan Teknologi
       Zaman dahulu, transportasi dilakukan dengan cara paling primitif,yakni jalan kaki atau berlari,kemudian berkembang menggunakan hewan seperti kuda.perkembangan kendaraan darat sangat cepat dari kendaraan kuda,kemudian berkembang ke kendaraan mobil, kereta api serta kapal laut.kereta api awalnya hanya berkecepetan 5 km/jam .kemudian manusaia memikirkan bagaimana membuat transportasi melalui udara .lalu diciptakan pesawat terbang.Awal abad ke 20.di ciptakan pesawat bermesin propeller,kemudian meningkat bermesin jet,peningkatan ini bukan hanya dari segi kecpatan jelajah,tetapi juga dari segi kapasitas.Mobil,kereta api,dan pesawat terbang pada awalnya memiliki kapasitas yang terbatas.Kapasitas pesawat misalnya meningkat 500 orang,industry Boing 747 saja sedang merancang pesawat – pesawat dengan daya angkut 1000 orang.
Peran IPA dan Teknologi
1.        Listrik : penemuan listrik Faraday dimanfaatkan dalam bidang dunia teknologi. Selain untuk penerapan ,banyak juga dipakai dalam bidang lain seperti Transportasi (kereta listrik), alat rumah tangga, (ricecooker, sterika listrik, mesin cuci, ovenhead projector, LCD), alat komunikasi (radio, telepon, media cetak, tv) computer (email), informasi (tagihan telepon internet, belanja barang, robot).
2.        Penemuan suatu unsure radioaktif oleh Madane Curie yang disebut uranium membuka peluang pengembangan ilmu pengetahuan teknologi sangat pesat.Akibat negative dari penemuan ini terlihat pada tahun 1945 ketika bom atom jatuh di Hirosima dan di Nagasaki. Banyak serdadu dan rakyat sipil jepang yang tewas. Terdapat pula efek-efek positif yang berguna bagi manusia diantaranya: sinar g dihasilkan dari reaksi fusi antara neutron dengan uranium 238 menghasilkan neptunium 239dan sinar g.
N + U239 → Np239 + sinar g
Neptunium dapat terurai lagi menjadi plutonium dan sinar b
Np239 → Pu239 + sinar b + V
Isotop plutonium ini tidak terdapat di alam.
Sifat yang berguna dari sinar g, yaitu:
1)             Dapat mematikan
2)             Menghambat pertumbuhan dan pertunasan
3)             Perubahan sifat genetic (mutagenetik)
Dalam pertanian tentunya mengunakan bibit unggul supaya mendapat hasil pertanian sebaik-baiknya.
a.    Nuklir untuk industri
1.    Dalam industri kayu, tentunya diharapkan kayu yang tahan terhadap serangga dan tahan cuaca. Untuk itu kayu direndam dengan cairan plastic (monomer), kemudian disinari dengan sinar radioaktif, sehingga kayu berlapis dengan plastic, kayu tersebut akan bertambah keras dan tahan terhadap serangga.
2.    Dalam industry tekstil sinar radioaktif digunakan untuk meningkatkan kualitas serat tekstil, terutama serat polyester (serta sintesis) yang bila menjadi tekstil akan terasa panas karena tidak menyerap air. Untuk menaikkan kualitas serat polyester, perlu disinari dulu sehingga akan menghasilkan serat yang dapat menyerap air dan warna.
3.    Dalam industry  kulit, juga diharapkan kulit dengan mutu yang tinggi, yaitu mempunyai kelenturan yang baik dan tidak mudah sobek untuk maksud tersebut, kulit disinari terlebih dahulu, tetapi dengan dosis yang tepat.
4.    Industry pengawetan makanan juga menggunakan sinar radioaktif untuk membunuh kuman, sehingga makanan tersebut aman dikomsumsi dan nilai gizi serta rasa tidak berubah. Cara tradisional dengan cara pemanasan, pengasapan, pemberian garam, asam atau gula.
5.    Dalam dunia kesetahan seperti sinar X dipakai untuk membantu diagnosis penyakit dan memberikan hasil yang memuaskan tanpa menimbulkan efek samping. Untuk strelisasi alat-alat kedokteran untuk alat yang tidak tahan panas dan hanya sekali pakai. Dalam hidrologi, nuklir juga digunkan untuk mendeteksi adanya rembesan air atau kebocoran dalam instlasi air.
b.   Ilmu pengetahuan dan teknologi banyak digunakan untuk alat komunikasi antara lain sebagai berikut.
1.    Percetakan (media cetak), sebagai alat yang digunakan media komunikasi antarinstasi dan manusia, komunikasi massa (Koran, majalah, dll) bahkan beberapa media cetak memanfaatkan cetak jarak jauh untuk memuaskan konsumennya.
2.    Radio (media elektronik), suatu alat komunikasi dengan menggunakan gelombang radio yang dipancarkan melalui pemancar.
3.    Televise (media elektronik) suatu alat komunikasi berupa suara dan gambar serta tidak ada pengahalang (jarak).
4.    Satelit, komunikasi siaran radio dan televise daopat diterima pada waktu yang bersamaan, tidak terhalang jarak.
5.    Telepon orang dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain tanpa batas jarak
6.    Handphone, orang dapat berkomunikasi langsung atau menyampaikan pesan denagn orang lain, walupun dibatasi jarak.
7.    Telegrafi, suatu alat komunikasi jarak jauh dengan waktu yang singkat.
8.    Internet, suatu alat komunikasi secara tertulis jarak jauh dengan waktu singkat.
9.    Mesin, kemajuan eknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia adalah mesin yang diciptakan pertama kali 1712 oleh James Watt. Sampai sekarang banyak tipe-tipe mesin yang telah digunakan oleh manusia untuk bermacam-macam kegunaan. Misalkam, mesin bakar, mesin diesel, mesin uap, mesin jet, dll.
c.    Peranan IPA dan teknogi  dalam penyediaan kebutuhan pokok
1.      Pangan, merupakan kebutuhan utama manusia dan tentunya aneka ragam pangan dibutuhkan oleh manusia agar hidup sehat dan sempurna.
2.      Sandang, juga merupakan kebutuhan primer manusia, hanya beberapa tempat di Indonesia yang masih belum memerlukan sandang.
3.      Papan
4.      Kesehatan.
E.       Perkembangan Teknologi
Teknologi ada tiga bidang yang sangat cepat perkembangannya, yakni:
1.        Teknologi bahan : bahan yang kuat dan tahan panas, bahan campuran antara serat karbon, plastic, logam, dan keramik. Contoh lain adalah superkonduktor pengantar listrik tanpa menyebankan panas. Superkonduktor adalah bahan yang dapat mengantarkan listrik tanpa rugi yang disebabkan oleh pana.
2.        Mikroelekronika
3.        Bioneknologi : ruang lingkup bioteknologimencakup rekayasa fermentasi, rekayasa enzim, kultur jaringan dan rekayasa genetika.
F.        Dampak teknologi pada perkembangan masyarakat
       Pada tahun 1980 Alvin Toffler menganalisis bahwa gejala perubahan dan perbaharuan dunia yang disebabakan oleh perkembangan teknologi. Sejarah umat manusia dibagi dalam tiga gelombang peradaban peradaban gelombang pertama (8000 SM – 1700), gelombang kedua (1700 – 1970) dan gelombang ketiga (1970 – 2000) keatas.
       Pada tahu 1982 John Naisbit menguraikan sepuluh kecenderungan besar yang akan terjadi di masa mendatang yang akan berubah pola kehidupan manusia. Kesepuluh kecenderungan tersebut adalah : (1) Industrial society →|Information society, (2) Forced technology → high tech/high touch, (3) National Economy →| World Economy, (4) short term →| long term, (5) Centralization →| Decentralization, (6) Institutional help →| self help, (7) Representative democracy →| Participatory democracy, (8) Hirarchies →|Networking, (9) North→South, dan (10) Eirher/or→| Multipe option.
       Kedua pakar masa depan ini melihat adanya pengeseran yang terjadi dimasyarakat dengan  cepat. Keduanya menitikberatkan kepada perkembangan teknologi yang pesat dan besarnya harapan masyarakat untuk memperoleh informasi yang cepat pula. Kedua perkembangan ini akan memberikan dampak teknologi masyarakat.
G.      Dampak IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia
1.         Kebutuhan pokok primer
a.         Bidang Sandang
       Dalam menciptakan kebutuhan sandang bagi masyarakat, dihasilkan serat sintetik yang lebih baik kualitasnya dan dapat juga diproduksi secara besar-besaran dengan ongkos produksi lebih murah dibanding kapas. Namun, sisa atau limbah serat sintetik tidak bisa dimusnahkan oleh bakteri menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Selain serat sintetik, zat warna kain (dye stuff) juga mencemari air (water pollution) ini merupakan dampak negative dari kemanuajn teknologi.
       Selain itu, dengan polimer sintesis yang dalam kata sehari-hari disebut “plastik”, sampah-sampah plastic yang menumpuk tidak dapat dihancurkan oleh bakteri pembusuk.
b.        Bidang Pangan
       Dengan didapatnya bibit unggul, diharapkan Indonesia sudah bias berswasembada dalam panagn, tidak perlu lagi import beras atau gula. Dalam insentifikasi pertanian, selain menggunakan bibit unggul, digunakan pula racun serangga (insektisida), pestisida dan pupuk sintetik. Racun serangga dan pestisida dapat menimbulkan limbah yang berbahaya bagi ekosistem. Selain insek dan hama yang mati, kemungkinan hewan lain seperti jangkrik, tikus, ular, dll juga akan ikut mati. Racun tersebut akan mencemari air, yang mengakibatkan tercemarnya ikan-ikan dalam tambak. Sering zat warna digunakan sebagai pewarna makanan supaya makanan tersebut lebih menarik dimata konsumen, namun banyak zat warna yang digunakan adalah zat warna tekstil atau cat sehingga dapat merusak kesehatan bahakan menimbulkan kanker.
c.    Bidang Papan
       Kemajuan teknologi membuat kehidupan lebih nyaman. Dibangunnya gedung pencakar langit dapat menghemat lahan. udara pahas dalam gedung dapat ditanggulangi dengan sistem pendingin. Efek samping dari ini timbul gas rumah kaca, bila sistem “air condition”nya menggunakan Freon mengakibatkan kerusakan ozon diatmotfer. Karena kebutuhan rumah terus meningkat, beberapa lahan pertanian di rubah statusnya menjadi lahan perumahan. Akibatnya, hasil pertanian menurun. Kebutuhan akan laju bertambah seiring dengan kebutuhan perumahan yang meningkat. Akibatnya, penebangan hutan semakin meningkat, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, kemerosotan kesuburan tanah, banjir dll.
2.         Sumber Daya
a.    Minyak bumi
     Minyak bumi pada saat ini masih merupakan sumber daya alam yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Minyak bumi merupakan bahan galian yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable), artinya sekali pakai habis. Minyak bumi berasal dari fosil yang terbentuk secar alami dalam proses jutaaan tahun lamanaya yang jumlahnya juga terbatas. Pada suatu saat minyak bumi akan habis. Penggalian minyak bumi membawa akibat polusi daerah sekitarnya karena tumpahan minyak bumi itu jelas merusak tumbuhan atau hewan yang hidup di daerah sekitarnya. Selain itu, Penggunaan minyak bumi yang berlebihan akan terjadi pencemaran air, tanah, dan udara.
b.    Tanah pertanian
     Tanah merupakan bahan yang digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tanah pertanian sebagai sumber daya sebenarnya dapat diperbaharui, artinya tanah itu dapat digunkan berulang-ulang bila dipelihara dengan baik, misalnya kekuranggan zat hara dapat ditambah dengan jalan pemupukan dan sebagainya. Karena, kebutuhan lain selain pertanian, mengakiabatkan tanah pertanian berubah fungsi, menjadi industry dan perumahan, sehingga tanah marginal sering digunakan sebagai tanah pertanian, yang mengakibatkan terjadi kerusakan tanah.
c.    Radioaktif
     Unsure kimia sangat berguna terutama untuk maksud damai karena zat radioaktif dapat digunakan dalam keperluan kesetahan, pertanian, energy (listrik) dsb. Namun, limbah dari zat radioaktif, seperti uranium dipakai oleh militer untuk keperluan perang.
d.   Industri
     Industri ini sangat berguna terutama bagi kesejahteraan dan kenyamanan hidup, hamper bias dikatakan bahwa industry dapat memenuhi kebutuhan manusia dari pangan, sandang, papan, transpormasi dsb. industri merupakan penghasil limbah terbesar di alam mini dari limbah cair, tanah dan udara.
e.    Transpormasi
     Transpormasi akan memudahkan hubungan antara satu tempat dengan tempat yang lain dengan mudah dan cepat serta murah. Zaman dalu untuk mengelilingi dunia orang memerlukan waktu tahuanan, tetapi sekarang dengan pesawat terbang cukup beberapa hari saja. Pada abad ke-21 ini orang telah berhasil menciptaka pesawat ulang-alik dari Bumi ke luar angkasa, maka pada awal abad ke-21, mungkin manusia akan dapat naik kendaraan untuk bertamasya ke planet-planet atau satelit yang dekat dengan bumi, bahkan bila perlu kita hijrah ke sana.  Alat transpormasi juga sumber pencemaran udara dari emisi kendaraan. Selain itu, ia bias mengakibatkan polusi udara. Indonesia terjajah pada waktu lalu, diakibatkan bangsa lain menguasai dan datang ke Indonesia.
3.         Teknologi apa yang pantas dikembanagkan di Indonesia
            Indonesia sebagai salah satu Negara berkembang dengan jumlah penduduk semakin besar dan luas Negara yang begitu luas hendaknya mengembangkan teknologi yang menyerap tenaga kerja yang besar. Untuk itu industry padat karya dan dibangun didaerah luar kota sangat menjanjikan. Industry sepatu di Depok dan pengrajin intan di Martapura perlu dikembangkan lebih lanjut.
            Untuk bidang industri transpormasi perlu dikemabangkan industry mobil menjelajah tinggi dengan kapasitas besar. Industry pesawat terbang dengan kelincahan bermanuver diantara gunung-gunung dan mamapu mendarat dilapangan yang dikembangkan oleh B.J.Habibie perlu dilestarikan tanpa kepentingan poliyik apapun.
            Sebelum mengembangkan indusrti tersebut. Indonesia tidak boleh meninggalkan indusri dibidang perkebunan, misalnya industri traktor yang mekanisasi dibidang pertanian. Indonesia menurut pengalamn yang terjadi pada masa krisis ini hanya dapay survive jika meninggalkan industri pertanian yang ditopang oleh industri lainnya.










BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan

B.       Saran














DAFTAR PUSTAKA
Tim Dosen IAD; 2004, Ilmu Alamiah Dasar (IAD). Makassar: Tim Cetak UNM
Jasin, Maskoeri. 1986; Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers
Suparsono W, M.M, Drs, dkk; 1999. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_alamiah_dasar/bab8-dampak_perkembangan_ipa_dan_teknologi_terhadap_kehidupan_manusia.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar